SEPUTAR DUNIA IT



MAKIN banyak ancaman bagi komputer. Sebuah virus bernama W32/VBTroj.DAAA kini telah banyak beredar dan merusak komputer. Ciri khusus jika virus ini sukses menyerang, My Computer akan disulap jadi Recycle bin atau tong sampah.

Tak sampai di situ saja, virus ini juga akan menduplikasi file berekstensi.exe yang mengandung malware. Virus ini dibuat dengan menggunakan pemograman Visual Basic.

Virus ini memanfaatkan file folder yang di duplikasi untuk mengelabui pengguna agar dapat mengklik dan menyebarkan file ganda tersebut kesemua folder dengan ukuran file 356 kb.

Vaksincom melansir sejumlah ciri-ciri komputer yang sudah terjangkit virus tersebut.

Termasuk ketika pertama kali masuk windows muncul pesan error "Microsoft Windows" karena virus aktif bersamaan dengan proses Explorer windows saat startup.

Terkadang Microsoft internet Explorer tidak dapat menampilkan alamat situs dan muncul pesan error. Virus ini memiliki ukuran file sebesar 356 kb

W32/VBTroj.DAAA juga membuat banyak file duplikat dari setiap folder yang diklik dengan nama yang sama. Misalnya saat dibuka folder dengan nama Data maka virus akan membuat salinannya menjadi Data.exe

Bila file virus tersebut diklik, akan berjalan di memori serta mengambil resource memory sekitar 7.000 kb. Makanya, bisa dibayangkan seperti apa risikonya jika file virus ini diklik. Virus akan membuat kapasitas hardisk menjadi penuh alias Low Disk space. Artinya, memori akan terkuras dan membuat komputer menjadi lemot. Selain itu akan ada beberapa fungsi Windows yang akan diblok oleh Virus.

Meski efek yang besar, virus ini bisa diatasi. Caranya dengan menonaktifkan "System Restore" saat proses pembersihan virus. Gunakan Norman Malware cleaner untuk membasmi secara tuntas file induk virus beserta file duplikat yang dibuat oleh virus tersebut. (amr-bs)

Categories:

Leave a Reply