Pages

Pages

Jumat, 23 Maret 2012

Dikeluhkan Cepat Panas



CUPERTINO, FAJAR -- Respons masyarakat terhadap new iPad mulai kendor. Meski penjualan masih berlanjut, namun sejumlah pengguna mengaku produk teranyar Apple ini cepat panas hingga batas toleransi (overheat) jika sednag digunakan secara intens.

Dikutip dari Reuters, Consumer Reports melakukan penelitian terhadap produk ini setelah menerima banyak laporan dari konsumen. Kemudian mereka melakukan uji coba terhadap new iPad.

Panas new iPad mencapai suhu 47 derajat celsius setelah digunakan selama 45 menit untuk menjalankan game action, Infinity Blade II. Suhu ini 8 derajat lebih panas ketimbang iPad 2 ketika menjalankan aktivitas yang sama.

Sumber dari forum di MacRumors menyebutkan panas berlebih pada new iPad berasal dari posisi sebelah kiri bawah. Bila new iPad cukup lama dipakai, maka tablet akan sedikit panas dan tidak nyaman dipegang. Beberapa pengguna memaklumi, tapi ada juga yang protes.

Bahkan ada juga new iPad yang langsung mati (shutdown) mendadak, menampilkan pesan notifikasi yang berbunyi bahwa iPad perlu didinginkan sementara. Pada beberapa kasus, setidaknya bisa mengalami empat kali mati mendadak dalam sehari.

Setelah diteliti, new iPad memang memiliki kapasitas baterai yang lebih besar dan CPU yang lebih kencang.

Saat dikonfirmasi ke vendornya, Apple membantah. Dilansir dari FoxNews, juru bicara Apple, Trudy Muller menjelaskan bahwa suhu new iPad berada dalam batas normal. Selain itu, anggapan panas berlebih tidak akan menyebabkan perangkat tersebut terbakar.

"new iPad memiliki Retina Display yang menakjubkan, prosesor A5x, dukungan koneksi 4G LTE dan daya tahan baterai hingga 10 jam. Itu berjalan baik sesuai spesifikasi suhu yang telah ditetapkan," kata Muller.

Pihak Apple juga membantah bahwa new iPad melalui tes terlebih dahulu sebelum dijual ke pasar. Sejauh ini, produk itu telah diuji Apple dan dalam kondisi baik-baik saja.

Memang Apple tidak menjelaskan dengan tepat standarisasi suhu perangkat di dalam dan di luar ruangan. Tapi, dalam website Apple telah dijelaskan bahwa iPad baru bisa dipakai pada suhu kamar hingga 35 derajat celcius.

"Jika pelanggan memiliki masalah tentang iPad baru yang panas, harap menghubungi AppleCare," kata Muller.

Terjual 3 Juta

Apple mengatakan bahwa mereka telah memasarkan tiga juta unit new iPad sejak pertama kali diluncurkan pekan lalu. Daya tarik new iPad membuat produk ini cepat terjual.

Model terbaru iPad itu memiliki prosesor lebih cepat, tampilan layar lebih tajam serta kamera yang sudah ditingkatkan kemampuannya. Untuk harganya pun terbilang terjangkau.

Vendor asal California ini mulai meluncurkan new iPad di Amerika Serikat (AS) dan sembilan negara pada pekan lalu. Kemudian menjualnya di 24 negara tambahan lainnya pada akhir pekan ini. (bs)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar