Pages

Pages

Jumat, 23 Maret 2012

Review Panasonic Lumix FT3



Panas atau dingin, kering atau basah, tidak menjadi halangan bagi kamera saku ini. Pasalnya, produk ini dirancang khusus mampu menaklukan berbagai kondisi lingkungan. 
Kalau dilihat dari sasaran penggunanya, FT3 memang tergolong tidak biasa. Maklum, tidak semua orang gemar berenang bahkan menyelam, atau memiliki hobi mendaki gunung tinggi dengan kondisi yang tidak bersahabat. Namun, hal ini tidak membuat Panasonic ragu untuk mengeluarkan produk gres untuk  segmen ekstrem ini.
Lumix FT3 ini merupakan penerus seri sebelumnya di kelas “Tough” milik Panasonic. Tangguh, demikian deskripsi kamera ini yang memiliki berbagai sertifikasi uji ketangguhan. Mari kita lihat satu per satu jenis cobaan yang mampu dilalui kamera berbodi metal ini. FT3 diklaim bisa diajak menyelam hingga kedalaman 12 meter. Dengan bantuan aksesoris Marine Case, tingkat kedalamannya mampu mencapai 40 meter.
Tak cuma berurusan dengan air, kamera ini juga mampu beroperasi pada suhu -10 derajat Celsius. Hal semacam ini dimungkinkan karena bodi FT3 dirancang dengan berbagai macam segel dan pelindung. Berkat rancangan bodinya pula, kamera ini bersifat antidebu sehingga aman diajak beraktivitas luar ruangan.
Selain kemampuan fisik, Lumix FT3 juga dibekali dengan sejumlah fasilitas menarik lainnya terutama untuk kegiatan outdoor. Sebut saja GPS dan Compass yang berguna untuk mengetahui lokasi Anda. Kemudian ada juga sensor ketinggian (altitude), kedalaman air (depth indicator) serta tekanan udara (barometer). Semua fasilitas ini berguna untuk memberikan informasi mengenai lingkungan sekitar Anda.
FT3 dibekali sensor CCD 12 megapiksel dan lensa wide-angle Leica berkemampuan zoom optis sampai 4,6 x. Hebatnya, kamera ini memungkinkan Anda membuat gambar 3D layaknya film dalam format 3D yang sering diputar selama ini. Namun, gambar 3D ini hanya bisa dinikmati bila Anda memiliki perangkat yang tepat. Ini karena ekstensinya file-nya adalah MPO dan bukan JPG.
(Karuna)
****
Layaknya kamera saku lainnya, Anda bisa mengandalkan modus otomatis saat kamera mengatur parameternya sendiri sebelum menangkap gambar. Pengujian kami menunjukkan bahwa kamera ini mampu menghasilkan gambar yang baik maksimal sampai ISO 400. Di atas nilai itu, mulai banyak detail yang hilang. Demikian pula dengan videonya, meskipun berjalan mulus dan beresolusi Full-HD, gambarnya kurang tajam akibat efek noise reduction yang cukup agresif.

Spesifikasi Panasonic Lumix FT3
Sensor
1/2,33” (6.12 x 4.51 mm) CCD
Resolusi Maksimal
12 Megapiksel (gambar)
1920x1080 – Full-HD 1080p (video)
Zoom
4, 6x Optis (28-128 mm)
Rentang fokus
Normal : 30 cm – Tak terhingga
Macro : 5cm
LCD
2,7” 230.000 piksel
ISO
Auto/Hi Auto (1600-6400)/100/200/400/800/1600
Koneksi
Digital output: USB 2.0 HDMI
Dimensi (plt)
10,3x2,7x6,4 cm
Kelengkapan
- USB Cable - AV Cable Software CD
Quick Guide Hand Strap Li-ion Battery dan Charger
Bobot bodi termasuk baterai
196 gram
Lain-lain
Waterproof (12m), Shockproof (2m), Freezeproof(-10ÂșC), Dustproof
Situs Web
Garansi
1 tahun
Harga kisaran*
Rp5.500.000
* Panasonic Gobel Indonesia, (021) 800-9494, Minggu Pertama Mei 2011



Lensa Leica 

Lumix FT3 mempercayakan hasil jepretan kamera kepada lensa Leica dengan sudut lebar 28 mm




Terlindung 

Baterai, port micro HDMI, serta slot SD berada di bagian yang dilapis khusus untuk mencegah air masuk ke dalam.



GPS 

Label dan indikator GPS menghiasi bagian atas kamera bersama dengan tombolshutter dan rekam.


Plus
     
: Kompak dan tahan berbagai medan, ada perekam video Full-HD
Minus : Kualitas gambar kurang, GPS kurang akurat, mahal

Skor Penilaian  
Kinerja            : 3,75
- Fasilitas          : 4
- Kemudahan    : 4
- Harga             : 3
- Skor Total      : 3,68

Tidak ada komentar:

Posting Komentar