Pages

Pages

Jumat, 23 Maret 2012

Review Panasonic HMC-TM900



Sekilas Panasonic HMCTM900 tampak seperti camcorder pada umumnya.
Berpenampilan serba hitam ini, aksenchrome terlihat menghiasi bagian lensa dan ring lensanya yang juga berfungsi sebagai kendali zoom atau fokus lensa. Di dekat ring tersebut terdapat tombol Camera Function untuk mengaktifkan modus manual pengambilan gambar atau video.
Perhatian pun kemudian tertuju pada bagian layar bertuliskan FullHD di sisi luarnya. Mengadopsi sistem layar sentuh, semua pengaturan kamera dilakukan dari sini ditambah tombol untuk merekam serta zoom yang berupa tombol fisik pada bingkai layar. Berseberangan dengan posisi layar, pada bodi bagian dalam terdapat tombol Power serta kumpulan port yang memiliki tutup sendiri.
Selain tombol Power, ada tombol 1080/50p yang berfungsi untuk mengaktifkan modus perekaman video dalam resolusi FullHD dan kecepatan 50 frame-per-second. Mungkin Anda bertanya-tanya, kenapa 50p dan bukan 60p? Ternyata spesifikasi tersebut disesuaikan dengan standar regionalnya. Karena unit uji yang kami terima ini menggunakan standar PAL, standar yang digunakan pun 50p.
Pengaturan kualitas perekaman pada HMC-TM900 hanya berupa pilihan tingkatan bitrate yang dihasilkan. Sementara untuk resolusinya tetap FullHD. Untuk menangani urusan audio,camcorder ini dilengkapi standar Dolby Digital Creator, yang menghasilkan audio dalam format Dolby Digital 5.1. Kemampuan merekam audio multi-channel ini didukung oleh lima buah micyang disusun sedemikian rupa untuk menangkap sumber suara dengan posisi yang lebih akurat.
Sebagai tambahan, camcoder ini juga bisa digunakan untuk memotret. Sensor yang dimilikinya mampu menghasilkan gambar hingga resolusi 14,2 Megapiksel (Interpolasi). Terdapat pulaflash mini untuk membantu mengambil gambar dalam kondisi cahaya minim. Sayangnya kualitas fotonya terbilang biasa, cenderung kurang bila dibandingkan dengan kualitas rekaman videonya.
(Karuna) 
***
Untuk mendapatkan kualitas maksimal, kami mengaktifkan modus 1080/50p yang menghasilkan video dengan bitrate sekitar 25 Mbps. Hasil rekaman videonya tampil tajam dengan warna yang terbilang akurat. Fasilitas penstabil gambarnya bekerja dengan baik meminimalisir efek kamera goyang pada video. Hanya saja, kualitasnya ini menurun cukup drastis ketika keadaan mulai temaram. Noise pada video mulai tampak dan makin jelas ketika di-zoom, menunjukkan lensa dan sensor bekerja keras untuk mendapatkan gambar.

Spesifikasi Panasonic HMC-TM900
Sensor
3 x 1/4.1” CMOS (3MOS)
Resolusi Maksimal
8 Megapiksel (efektif sensor)
Zoom
12x Optis (35mm - 420mm)
LCD
3.5” 460,800 piksel
Format Video
AVCHD, MPEG-4
Modus Perekaman
1080/60p, HA, HG, HX, HE, iFrame
Koneksi
Digital output: USB 2.0; Mini HDMI; AV Multi Out
Dimensi (plt)
13,8x6,6x6,9 cm
Kelengkapan
- USB Cable
- AV Cable
- Software CD
- Quick Guide
- Hand Strap
- Li-ion Battery dan Charger
Bobot bodi termasuk baterai
440 gram
 Lain-lain
Digital Cinema Mode, Manual Setting, Electronic Viewfinder, Cold Shoe, Optional 3D Lens
Situs Web
Garansi
1 tahun
Harga kisaran*
Rp16.000.000
* Panasonc Gobel Indonesia, (021) 800 9494;  Minggu ketiga Mei 2011



Port 

Sederatan port seperti Mini HDMI, SD Card slot, USB, serta AV Out memadati bagian dalam camcoder.




Eksternal 

Tersedia port mic eksternal sertaheadphone untuk mendukung perekaman video yang lebih serius.




Kompak 

Camcoder 
ini dirancang untuk tetap kompak dan  terasa pas dalam genggaman ketika digunakan.



Plus     : Memori Internal 32GB, Fitur lengkap, Video bagus
Minus : Kualitas video menurun di kondisi remang, Harga mahal

Skor Penilaian
- Kinerja               : 4.25
- Fasilitas            : 4
- Kemudahan      : 4
- Harga                : 3
- Skor Total         : 3,81

Tidak ada komentar:

Posting Komentar