SEPUTAR DUNIA IT



Motorola BACKFLIP review
Backflip MB300
Desain Lipat Terbalik Nan Unik
Rata-rata ponsel Android dirancang dengan desain full bar yang standar, tapi tidak halnya dengan Motorola MB300 atau dikenal dengan Backflip ini memiliki desain yang sangat berbeda. Belum pernah ada sebelumnya posisi keyboard di permukaan luar dan bertolak belakang dari permukaan layar. Motorola MB300. Mengusung Motoblur sebagai tampilan antarmuka menyediakan 5 homescreen yang bisa diisi widget tersedia.
Meski dari desain unik, tapi untuk sistem operasi, smartphone asal Amerika Serikat ini masih agak tertinggal. Backflip MB300 nyatanya masih mengusung OS versi 1.5 Cupcake.
Layar
Dengan menggunakan user interface Motoblur yang semakin berkembang menjadikan hiasan widget pada homescreen lebih hidup (live). Layar kaca TFT terbuat dari Gorilla Glass , bahan ini terbilang sangat kokoh dalam usapanan jari. Tampilan muka dengan sensor akselerometer memastikan Backflip auto-rotate saat digunakan. Layar ponsel ini berukuran 3,1 inchi dengan resolusi 320 x 480 pixels serta kedalaman layar 256 ribu warna. Sebagai informasi, bila folding dibuka, layar otomatis horisontal, walau cara memegangnya vertikal.
Keyboard
Ketik folder ponsel ditutup, papan ketiknya berfungsi sebagai permukaan belakang ponsel, lengkap dengan kamera dan lampu kilat. Bila dibuka, mirip ponsel ber-keyboard biasa. Pada papan ketik terdapat lensa kamera beserta lampu kilat. Susunan keyboard agak berbeda dan terbuat dari karet membal. Ukuran tiap tuts cukup luas, namun agak susah dipencet karena dangkal. Beberapa tombol shortcut yang disediakan di papan ketik adalah Home, Browser, Menu, Messaging, dan Search.
Desain
Posisi papan ketik dengan layar utama bertolak belakang. Sehingga setelah dibuka folding-nya, baru akan membentuk ponsel dengan keyboard seperti biasa. Variasi material pembungkus bodi terdiri dari bahan plastik dan logam. Untuk kemudahan navigasi ponsel ini dilengkapi touchpad yang berada di bagian belakang layar. Ketika memegang ponsel (yang terbuka) dengan kedua tangan, Anda bisa mengakses isi menu melalui jari telunjuk dari belakang layar. Persis di bawah layar terdapat 3 tombol touchpad untuk Menu, Home, dan Back. Pada sisi bodi terdapat dua lubang untuk koneksi headsdet 3,5 mm dan charging.
Kamera
Posisi lensa kamera sangat spesial buat Anda penyuka foto diri (self portrait). Anda bisa melihat tampilan diri sendiri di layar utama (cermin) ketika sedang mengeker. Cukup buka lipatan dan mulai menjalankan fungsi kamera. Hasil jepretan memang kurang memuaskan untuk pengambilan dalam ruangan (indoor). Apalagi dengan cahaya kurang. Kalau untuk kinerja outdoor, hasilnya masih baik.
Internet Browser
Browser pada ponsel ini bisa membuka hingga 10 jendela sekaligus saat berselancar, tanpa menurunkan kecepatan akses. Untuk akses browser deafult-nya adalah Google browser, tapi bila kurang puas, Anda bisa men-download browser lain seperti Opera Mini. Sayang, Motorola tidak menyediakan fitur pinch untuk zooming. Sehingga Anda masih menggunakan ikon '+' dan '-' untuk memperbesar dan mengecilkan tampilan halaman peramban.
GPS
Backflip terbilang akurat dalam membaca lokasi, ponsel ini sudah dilengkapi built in GPS receiver. Peta Google memang satu paket dalam Android OS, tapi navigasinya hanya tersedia untuk Amerikat Serikat saja. Untuk itu, Motorola menyediakan percobaan gratis aplikasi Motonav selama 60 hari. Selebihnya, aplikasi navigasi ini berbayar. Sebagai pilihan lain, Anda juga bisa menggunakan arahan rute dari Google Maps. Seting posisi sekarang, pilih titik poin yang ingin dicapai, maka peta akan menuntun sampai tiba di tujuan.
Messaging
Ada kebebasan untuk mengetik pesan, bisa menggunakan keyboard atau keypad virtual. Namun, display yang disediakan untuk mengetik SMS terbilang minim, hanya satu baris. Sehingga akan menyusahkan ketika ingin mengolah pesan. Cukup tekan box di mana huruf berada agak lama untuk men-copy paste. Sebagai ponsel berbasis Android, Backflip mempunyai koneksi istimewa ke akun Gmail, cukup tulis alamat email dan password, semua bisa berjalan otomatis laskana push email, sedangkan Yahoo harus seting server manual.
Odie
Spesifikasi Motorola MB300 Backflip
Desain Clamshell
Dimensi 108 x 53 x 15,3 mm
Berat 133 gram
Prosesor Qualcomm MSM7201A 528 MHz
OS Android 1.5 Cupcake
Jaringan GSM Quadband
Layar TFT 256 ribu warna capacitive
Memori Internal 256 Mb
Memori Eksternal Micro SD hingga 32 Gb
GPRS/EDGE kelas 32
HSDPA 7,2 Mbps
WiFi b/g/n
Kamera 5 Mpix
Baterai Lithium Ion 1400 mAh

Leave a Reply